Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Daftar Google News

Google News adalah layanan Google yang fokus pada penyediaan konten berita yang berasal dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 


Berisi berbagai berita, opini dan artikel yang bersumber dari beberapa publisher oleh situs media yang telah terdaftar dan dipilih.

Jadi tidak semua publiser Google News, yang telah terdaftar, akan langsung masuk ke halamanan pencarian pada bagian Google News. 

Pengguna pun tidak diharuskan login untuk menikmati layanan ini. Akan tetapi, jika menggunakan akun Google saat akses, Anda akan disuguhi dengan personalized content. Artinya, berita yang akan muncul sesuai dengan kesukaan Anda. 

Salah satu keunggulan Google News dibandingkan platform lain adalah kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan TopikLokasi, atau Sumber berita. 

Syarat Daftar ke Google News

Sebelum kita melangkah ke cara mendaftarkan artikel ke Google News, mari pelajari syaratnya cara mendaftarkan Google News 


1. Buatlah Blog Berita

Banyak yang beranggapan, bahwa salah satu syarat untuk mendaftarkan website ke Google News adalah dengan membuat website berita. Namun, tak hanya website berita saja yang bisa daftar Google News. Blog biasa pun dengan subdomain bisa bergabung dalam layanan Google satu ini. 


Perlu diingat, untuk proses seleksi setelah Anda mendaftar dilakukan manual oleh pihak Google. Mereka akan memastikan blog Anda sesuai dengan tujuan layanan mereka: menyediakan berita terbaru dan penting

Jadi, jika tujuan Anda mendapatkan tempat di Google News, daftarkanlah blog Anda dengan cara membuat berita di Google, apapun niche atau jenis berita yang menjadi topik utama Anda.  

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Untuk konten berkualitas merupakan kunci utama untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mendaftarkan blog kamu ke Google News.

Apakah yang dimaksud dengan konten berkualitas itu untuk website?

  • Jangan menjiplak kontent orang lain
  • Upayakan fokus ke satu jenis konten saja. Misal:Konten bisnis.
  • Selalu berikan informasi baru (update)
  • Jangan buat konten yang dilarang oleh Google
  • Memperhartikan struktur blog.
  • Menggunakan permalink unik, dan tidak berubah
  • Tampilan website menarik, dan responsif
  • Buatlah navigasi yang memudahkan pengguna
  • Terangkan identitas website dengan baik

Poin-poin di atas, agaknya tidak perlu diterangkan lebih jauh. Karena saya berasumsi, pembaca sudah mengetahuinya secara umum.

3. Perhatikan Struktur Blog Anda

Terkait dengan faktor teknis website Anda, Google News akan lebih cepat menerima pendaftaran blog Anda jika mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Gunakan URL Yang Unik dan Tidak Berubah

  • Sajikan Tampilan Yang Menarik Dan Responsif

  • Gunakan Navigasi Yang Mudah

4. Jelaskan Identitas Blog Anda Dengan Baik 

Informasi blog Anda sangat penting untuk tahapan verifikasi. Sebelum mulai pendaftaran pastikan penulisan blog Anda telah sesuai. Selain itu, halaman About Page Anda harus mampu menjelaskan identitas blog Anda dengan baik.

Lebih lanjut, jika Anda menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Anda, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya nama saja mereka, Anda bisa menampilkan foto mereka dan sekilas latar belakang profesi mereka. 

Google News memberi Anda kesempatan untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan penulisan setelah terdaftar. Namun, melakukannya dengan benar sejak awal adalah langkah yang bijaksana. 

Cara Daftar Blog ke Google News 

Setelah beberapa syarat di atas sudah Anda terpenuhi, langkah selanjutnya adalah cara mendaftarkan artikel ke Google News Publisher.

Berikut ini adalah cara daftar Google News:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke laman Google News Publisher dan login menggunakan akun Google Anda. 

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Selajutnya, kamu perlu melakukan verifikasi website menggunakan Google Search Console (GSC). Sebab, Google News memiliki mesin crawler tersendiri, pastikan kamu mengisi dan menambhakan sitemap xml di wesbite atau blog. Hal ini bertujuan untuk Google News, yang selalu memperbarui perubahan yang terjadi di website.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Masuk ke publihser center google news, untuk mendaftarkan website. Ikuti langkah selanjutnya.


4. Menambahkan Blog Anda

Silakan menambahkan blog Anda pada pilihan “Want to suggest a website for Google News? Click here.” Anda akan melihat halaman permintaan pendaftaran ke Google News seperti tampilan berikut:

5. Mengisikan Informasi Tentang Blog Anda

Beberapa informasi akan diminta untuk proses kurasi oleh pihak Google. Silakan isi informasi yang diminta dengan benar.

General Information

  • About your news site: Detail informasi tentang blog berita yang Anda daftarkan

Site Information

  • Source URL: Alamat blog berita Anda.
  • Source Name: Nama blog Anda.
  • Site Language: bahasa yang digunakan di blog dan konten berita Anda. Ingat, Google News tidak memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa. 
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap Anda.

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site


  • Opinion content: jika publikasi Anda tentang konten opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui proses editing di situs Anda
  • Blog: centang opsi ini
  • Press release: jika Anda juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: jika website Anda bertema satire

News Section Information


  • URL: Nama domain maupun beberapa subdomain yang ingin Anda tambahkan
  • Labels: jenis berita yang Anda tampilkan

6. Selesai

Setelah data terisi dengan benar, klik Submit

7. Menunggu Review Google

Pemberitahuan bahwa pendaftaran blog ke Google News sudah disimpan

Proses selanjutnya berupa review yang akan dilakukan oleh tim Google selama satu hingga tiga minggu. Selama seluruh syarat berhasil Anda penuhi, tahapan daftar Google News ini akan berjalan dengan baik.

Manfaat Daftar Google News

Berikut beberapa manfaat mendaftarkan blog atau website ke Google News:

1. Masuk ke Halaman Mesin Pencari Lebih Mudah

Jika Anda memiliki konten berita yang unik dan berkualitas, Google News Publisher tak segan untuk menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan kondisi ini, Google tentu akan menganggap website Anda juga layak berada di posisi teratas mesin pencari. 

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Kelebihan lain dari Google News, yaitu meningkatkan pengunjung organik. Semakin mudah orang-orang menemukan konten yang mereka cari di mesin telusur, termasuk konten yang telah kamu buat, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pengujung organik.

Adanya fitur personalized content punya pengaruh besar terhadap traffic yang berkualitas tinggi. Pengguna yang mengunjungi website kamu akan merasa senang bahwa topik yang kamu miliki relevan dengan apa yang mereka perlukan atau mereka cari.

3. Sebagai Media Branding Yang Efektif

Jika website anda memiliki konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Pengunjung akan sering datang ke website anda kembali. Selain itu, ulasan-ulasan yang anda bikin tentang topik tertentu,  website anda akan dianggap ahli di bidang tersebut. Di sinilah letak kaitannya dengan membantu sekaligus membangun brand untuk website melalui Google News.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. Sebagai blogger, Anda tentu memahami bahwa peran backlink dalam mendongkrak kredibilitas blog Anda sangat besar. 

Kredibilitas website itu bisa didapatkan dari Google News. Ketikan konten atauartikel kamu dijadikan rekomendasi oleh Google, maka konten tersebut juga dijadikan referensi bagi orang lain sebagai sumber tepercaya. Boleh jadi, salah satu sumber itu adalah konten atau artikel dari website kamu.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin terpercaya blog Anda.  

5. Alternatif Iklan Gratis

Memanfaatkan berbagai jenis iklan online untuk mempromosikan sebuah blog adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya, tentu lebih baik.  

Dengan cara membuat berita di Google, layanan ini berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog Anda. Organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk hal ini.

Demikianlah cara daftar Google News untuk blog Anda. Anda hanya perlu memenuhi syarat yang diperlukan untuk bergabung.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.