Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Mengapa Koneksi Saya (Telkom) Bermasalah ke Server Exabytes?

Untuk beberapa pelanggan yang menggunakan koneksi seperti Telkom atau Indihome, mungkin pernah mengalami koneksi yang bermasalah ke server Exabytes, entah itu web, email, maupun ping. Untuk menkonfirmasi hal tersebut, anda bisa melakukan pengecekan menggunakan ping plotter.


Anda bisa mengecek ISP atau penyedia internet yang anda gunakan dengan melakukan pengecekan IP Address dengan cara mengakses www.myip.dk atau anda bisa mengakses website https://ipinfo.io/ untuk mengetahui apakah IP Address anda terafiliasi dengan telkom atau tidak.


Jika hasil yang didapat ternyata anda adalah IP Address telkom/indihome, dan terdapat banyak warna merah dari hasil ping plotter, maka dapat dipastikan konektivitas anda mengalami masalah ke server Exabytes.


Mengapa Demikian?


Jaringan Exabytes menggunakan beberapa peering, salah satunya adalah OpenIXP untuk bisa tersambung dengan beberapa jaringan penyedia internet swasta lainnya dan ke jaringan telkom. Bahkan ke beberapa sektor pemerintahan atau lainnya.


Namun, seperti yang kita ketahui telkom dengan banyaknya konektivitas pelanggan mulai dari pedalaman hingga kota, pada poros OpenIXP hal ini membuat kapasitas jaringan telkom itu sendiri mengalami peak time atau penuh. Yang berakibat mengalami yang namanya throttled atau tercekik. Akibat throttled ini maka membuat beberapa pelanggan telkom mengalami gangguan koneksi mulai dari time out atau putus-putus, bahkan benar-benar tidak tersambung sama sekali ke peering network lainnya di poros OpenIXP. Bisa jadi, anda salah satunya.


Network Stat Telkom


Anda bisa merujuk ke artikel kami di Pengecekan Koneksi Telkom Lokal dan Internasional yang sudah ditulis beberapa waktu lalu. Pada artikel tersebut disebutkan dan ditampilkan utilitas penggunaan network  Telkom yang cukup padat, yakni mencapai 48 Gbps.


Solusi Alternatif


Dari pihak Exabytes, kami sudah berupaya dan memastikan network upstream selalu dalam keadaan prima dan accessible pada jam berapapun. Namun, karena hal ini lebih spesifik ke internal network Telkom dan masih dalam ranah network Telkom, maka hanya pihak telkom yang bisa mengatasi hal ini. Solusi alternatif yang bisa kami tawarkan untuk saat ini adalah menggunakan alternatif koneksi lain untuk melakukan koneksi ke server Exabytes.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.