Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Monitoring Server Windows Server 2012

Hi, Exabees! pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang "Monitoring Server di Windows Server 2012". Apa itu Monitoring Server ? Monitoring Server adalah kegiatan memantau sebuah server dari segi kinerja hardware, soffware, traffic data, dan masih banyak lagi.

1. Silahkan login ke Task Manager. Untuk membukanya cukup mudah, tinggal search lalu ketikan " Task Manager ".


2. Jika sudah dibuka, sekarang coba buka aplikasi terserah kalian, tetapi pada contoh ini saya menbuka aplikasi Server Manager dan nanti akan terdapat perubahan di Windows Task pada aplikasi Task Manager nya.


3. Sekarang klik " More Details " untuk melihat secara detail. 


4. Pada tab Processes akan ada table penggunaan CPU dan Memory, Di situ juga terlihat aplikasi yang sedang berjalan, baik aplikasi yang sedang di jalankan ataupun aplikasi yang berjalan di layar belakang.



5. Lalu pada Tab Perfomance terdapat aktifitas yang dilakukan oleh CPU, Memory dan Network. Pada gambar dibawah ini menunjukkan proses pada CPU kita. Di sana menunjukkan jumlah pemprosessan, up time, dan juga clock speed processor kalian.



6. Juga terdapat tampilan aktifitas dari Memory PC kita. Di situ di tampilkan berapa jumlah Memory kita, berapa Memory yang dipakai dan lainnya.


7. Kemudian juga ada Traffic Data dari jaringan yang terhubung ke Server kita. Di situ terlihat pemakaian speed Dowinload dan Upload, berapa IP Address kita dan Adapter yang Server kita pakai.

Setelah itu coba klik " Open Resouce Monitor ".
8. Makan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Yakni ada proses pada CPU, Disk, Network dan Memory, Jika kita ingin melihat proses tersebut secara detail, kita bisa klik tanda " ^ " ,

9. Berikut tampilan prosesnya secara Detail.


Perfomance Monitor


1. Untuk menjalankan aplikasi Perfomance Monitor, kita buka dulu server manager lalu klik menu pada menu Tools setelah itu pilih Perfomance Monitor.
2. Maka akan terbuka aplikasi Perfomance Monitor, sekarang pada Traffic Area setelah itu klik Add Counters.

3. Di sini saya ingin memonitoring Processor, oleh karena itu klik pada menu Processor setelah itu klik add, kemudian klik ok.

4. Nanti akan muncul tampilan proses yang terjadi pada Processor Server kita.


Event Viewer


1. Sekarang kita coba menggunakan Aplikasi Event Viewer. Kembali ke halaman utama Server Manager, lalu klik pada menu Tools setelah itu pilih Event Viewer.
2. Klik pada windows logs, kemudian pilih system, maka akan muncul Filter dari semua log pada system. Jika hanya ingin menampilkan beberapa log saja, bisa kalian klik Filter Current Log.
3. Nanti akan muncul window seperti dibawah ini, Pada contoh ini hanya log Critical yang hanya ingin saya tampilkan, maka dari itu berikan tanda ceklis pada bagian Critical di bagian Event Level, jika sudah klik ok.
4. Berikut tampilannya jika hanya Log Critical saja yang muncul.

Windows Healt Monitor


1. Nah sekarang kita coba pakai aplikasi dari luar, kita harus download aplikasi ini terlebih dahulu. Pada contoh kali ini saya menggunakan aplikasi yang bernama Windows Health Monitor. 

Jika sudah download installernya, kita lanjut ke instalasinya. Pada tahap pertama klik next.
2. Disini kita di minta untuk menyetujui lisensinya, pilih yes.
3. Atur direktori dimana aplikasi ini akan di install, di sini direktorinya saya atur default.
4. Klik next untuk memulai instalasinya.
5. Setelah instalasinya selesai, klik finish.

6. Buka dan jalankan perintah Sconfig setelah itu lihat computer name dan domain server kita.


7. Buka Windows Health Monitor yang sudah kita install tadi. Kemudian klik Add Server, pada pop up baru yang terbuka. Isikan Server name, domain, username dan password server kita.

8. Berikut tampilan dari Server kita yang di monitoring.






Terima Kasih!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.