Grow Your Business Online.

Cara Melindungi Microsoft 365 Exchange Online Mailboxes

Cara Melindungi Exchange Online Mailboxes


Item apa yang dapat dicadangkan?


Anda dapat mencadangkan kotak surat pengguna (user mailbox), kotak surat bersama (shared mailbox), dan kotak surat group (group mailbox). Sebagai tambahan, Anda bisa memilih untuk mencadangkan kotak surat arsip (In-Place Archieve) dari kotak surat yang dipilih.


Item apa yang dapat dipulihkan (recovered)?

Item berikut dapat dipulihkan dari cadangan kotak surat:

  • Kotak surat

  • Folder email

  • Pesan email

  • Acara kalender

  • Tugas (tasks)

  • Kontak

  • Entri jurnal

  • Notes (catatan)



Item berikut dapat dipulihkan dari cadangan folder publik:

  • Subfolder

  • Posts

  • Pesan email


Anda bisa menggunakan pencarian untuk menemukan lokasi item. Saat memulihkan kotak surat dan item kotak surat, Anda dapat memilih apakah akan menimpa atau overwrite item di lokasi yang diinginkan.


Memilih Kotak Surat (Selecting Mailbox)

Pilih kotak surat seperti di bawah ini, lalu tentukan pengaturan lain dari rencana pencadangan yang sesuai. Untuk memilih kotak surat Exchange Online



  1. Klik Microsoft 365.

  2. Jika beberapa organisasi Office 365 ditambahkan ke layanan pencadangan (backup), pilih organisasi yang data penggunanya ingin Anda cadangkan. Jika tidak, abaikan langkah ini.

  3. Lakukan salah satu dari berikut ini:

  • Untuk mencadangkan kotak surat semua pengguna dan semua kotak surat bersama atau shared mailboxes (termasuk kotak surat yang akan dibuat di masa mendatang), Klik Users, Pilih All Users dan klik Group Backup.




  • Mohon diperhatikan bahwa semua kotak surat yang dibuat di masa mendatang akan disertakan dalam Group Backup dan akan menggunakan kuota kursi berlangganan. Untuk versi backup design saat ini tidak mendukung pengecualian kotak surat tertentu agar tidak dicadangkan di Group Backup Plan setelah dibuat 

  • Jika Anda hanya ingin mencadangkan kotak surat pengguna tertentu, buat backup plan untuk Individual Mailbox dan terapkan ke item yang diperlukan.

  • Untuk mencadangkan kotak surat pengguna individu (individual user mailbox), Anda bisa klik Users lalu pilih All users dan pilih user yang ingin dicadangakn. Setelah itu, pilih kotak surat yang ingin dicadangkan lalu klik Backup.



  • Untuk mencadangkan pengguna individu atau shared mailboxes, Anda bisa perluas Users node dengan mengkliknya lalu klik All users. Pilih pengguna yang kotak suratnya ingin dicadangkan lalu klik Backup.


  • Untuk mencadangkan semua kotak surat group (termasuk kotak surat group yang akan dibuat di masa mendatang), Anda bisa perluas node Groups dengan mengkliknya lalu klik All groups. Pilih pengguna yang kotak suratnya ingin dicadangkan lalu klik Backup.




  • Untuk mencadangkan kotak surat grup individual, perluas node Group, pilih All groups, pilih group yang kotak suratnya ingin Anda cadangkan, lalu klik Backup.



  1. Di panel backup plan:

  • Pastikan item kotak surat dipilih yang akan dicadangkan.




  • Jika tidak ingin membuat cadangan kota surat arsip, nonaktifkan Archive mailbox.


  • [Tambahan] Jika Anda ingin mengenkripsi cadangan Anda, aktifkan Encryption, lalu atur kata sandi Anda dan pilih algoritme enkripsi. Harap simpan kunci enkripsi dengan aman, jika hilang, tidak ada cara untuk memulihkannya bahkan dari Exabytes.



Memulihkan Kotak Surat (Recovering Mailbox)

  1. Klik Microsoft 365.

  2. Jika beberapa organisasi Microsoft 365 ditambahkan ke layanan pencadangan, pilih organisasi yang data cadangannya ingin Anda pulihkan. Jika tidak, abaikan langkah ini.

  3. Lakukan salah satu dari berikut ini:

  • Untuk memulihkan kotak surat pengguna (user mailbox), perluas node Users, pilih All users, pilih pengguna yang kotak suratnya ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.



  • Untuk memulihkan kotak surat bersama (shared mailbox), perluas node Users, pilih All users, pilih shared mailbox yang ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.

  • Untuk memulihkan kotak surat group (group mailbox), perluas node Group, pilih All group, pilih group yang kotak suratnya ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.

  • Jika user, group, atau shared mailbox kotak telah dihapus, pilih bagian Microsoft 365 backups di tab Backups dan klik Show backups



  1. Anda dapat mencari pengguna dan group berdasarkan nama. Wildcard tidak didukung.

  2. Pilih titik pemulihan (recovery point). Tips: jika ingin melihat titik pemulihan saja yang berisi kotak surat, pilih Mailboxes in Filter by Content.

  3. Klik Recover > Entire mailbox.

  4. Jika beberapa organisasi Microsoft 365 ditambahkan ke layanan pencadangan (backup), klik organisasi Microsoft 365 untuk melihat, mengubah, atau menentukan organisasi target. Secara default, organisasi asli dipilih. Jika organisasi ini tidak lagi terdaftar di layanan pencadangan, Anda harus menentukan organisasi target.


  1. Di Recovery to Mailbox, Anda bisa melihat, ubah, atau tentukan kotak surat target. Secara default, kotak surat asli dipilih. Jika kotak pesan ini tidak ada atau organisasi non-asli dipilih, Anda harus menentukan kotak pesan target.

  2. Klik Start Recovery.

  1. Pilih salah satu opsi berikut:


  • Overwrite existing items

  • Do not overwrite existing items

  1. Klik Proceed to mengkonfirmasi opsi pilihan Anda.




Memulihkan Item Kotak Surat (Recovery Mailbox Items)


  1. Klik Microsoft 365.

  2. Jika beberapa organisasi Microsoft 365 ditambahkan ke layanan pencadangan, pilih organisasi yang data cadangannya ingin Anda pulihkan. Jika tidak, abaikan langkah ini.

  3. Lakukan salah satu dari berikut ini:

  • Untuk memulihkan item dari kotak surat pengguna (user mailbox), perluas node Users, pilih All users, pilih pengguna yang kotak suratnya awalnya berisi item yang ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.

  • Untuk memulihkan item dari kotak surat bersama (shared mailbox), perluas node Users, pilih All users, pilih kotak surat bersama yang awalnya berisi item yang ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.

  • Untuk memulihkan item dari kotak surat gorup (group mailbox), perluas node Group, pilih All group, pilih grup yang kotak suratnya awalnya berisi item yang ingin Anda pulihkan, lalu klik Recovery.

  • Jika pengguna, grup, atau kotak surat bersama telah dihapus, pilih di bagian backup Microsoft 365 di tab Backup, lalu klik Shows backup.


  1. Anda dapat mencari pengguna dan grup berdasarkan nama. Wildcard tidak didukung.

  2. Pilih titik pemulihan (recovery point) yang diinginkan. Tips: untuk melihat titik pemulihan saja yang berisi kotak surat, pilih Mailboxes di Filter by content.

  3. Klik Recover > Email messages.


  1. Telusuri ke folder yang diperlukan atau gunakan pencarian untuk mendapatkan daftar item yang diperlukan. Opsi pencarian berikut tersedia. Wildcard tidak didukung.

  • Untuk pesan email: cari berdasarkan subjek, pengirim, penerima, dan tanggal.

  • Untuk event: cari berdasarkan judul dan tanggal.

  • Untuk task: cari berdasarkan subjek dan tanggal.

  • Untuk contact: cari berdasarkan nama, alamat email, dan nomor telepon.



  1. Pilih item yang ingin Anda pulihkan. Untuk dapat memilih folder, klik ikon "recover folders" : Selain itu, Anda dapat melakukan salah satu hal berikut ini::


  • Saat item dipilih, klik Show content untuk melihat kontennya, termasuk lampiran (attachment). Klik nama file terlampir untuk mengunduhnya.

  • Saat pesan email atau item kalender dipilih, klik Send sebagai email untuk mengirim item ke alamat email yang ditentukan. Anda dapat memilih pengirim dan menulis teks untuk ditambahkan ke item yang ingin diforward.

  • Jika cadangan tidak dienkripsi, Anda menggunakan pencarian, dan memilih satu item dalam hasil pencarian: klik Show versions untuk memilih versi item yang akan dipulihkan. Anda dapat memilih versi cadangan apa pun lebih awal atau nantinya dari titik pemulihan (recovery point) yang dipilih.


  1. Klik Recover.


  1. Jika beberapa organisasi Microsoft 365 ditambahkan ke layanan pencadangan, klik organisasi Microsoft 365 untuk melihat, mengubah, atau menentukan organisasi target.


  1. Secara default, organisasi asli akan terpilih. Jika organisasi ini tidak lagi terdaftar di layanan pencadangan, Anda harus menentukan organisasi target.

  2. Di Recover to mailbox ke kotak surat, Anda bisa melihat, ubah, atau tentukan target kotak surat. Secara default, kotak surat asli dipilih. Jika kotak pesan ini tidak ada atau organisasi non-asli yang dipilih, Anda harus menentukan target pesan kotak.



  1. [Khusus untuk pemulihan user or shared mailboxes] Di Path, Anda bisa melihat atau ubah folder target di kotak surat target. Secara default, folder Item yang dipulihkan dipilih. Item kotak surat grup selalu dipulihkan ke folder Inbox.

  2. Klik Start recovery.

  3. Pilih salah satu opsi:

  • Overwrite existing items

  • Do not overwrite existing items

  1. Klik Proceed untuk mengkonfirmasi opsi pilihan Anda.





Did you find it helpful? Yes No

Send feedback
Sorry we couldn't be helpful. Help us improve this article with your feedback.