Max Defers merupakan dua kata yang terdapat dalam pesan eror saat gagal melakukan proses kirim email di mail hosting. Contoh, kalimat lengkapnya seperti ini, “Domain has exceeded the max defers and failures per hour (5/5 (14%)) allowed.”
user mencoba berkali-kali mengirim email ke alamat yang typo tersebut hingga akhirnya muncul pesan eror Max Defers. Untuk itu, silakan mengikuti panduan teknis ini untuk mengatasi Max Defers pada Mail Hosting.
1. Login ke Cpanel anda
2. Anda akan dibawa masuk ke halaman cPanel.
3. Ketik Track Delivery pada bilah pencarian di bagian atas, kemudian klik hasil pencarian yang telah ditampilkan.
4. Berikut tampilan Track Delivery pada mail hosting. Laporan akan muncul pada tabel di bawah. Isi tabel juga bisa difilter sesuai kebutuhan. Misal, Anda hanya ingin menampilkan email yang gagal terkirim, caranya dengan klik tombol Show Blocked & Failed.
5. Berikut contoh laporan yang menampilkan email yang gagal terkirim. Berdasarkan laporan ini, beberapa hal bisa Anda perhatikan, antara lain:
- Recipient: Apakah alamat penerima sudah sesuai?
- Result: Kolom ini akan mendeskripsikan penyebab email gagal terkirim.
- Error Code: Biasanya pada kolom Result terdapat kode eror yang dicantumkan. Anda bisa cek arti kode tersebut pada tautan ini.
6. Sementara itu, ini contoh laporan yang menampilkan email yang tertunda (deferred). Anda bisa melakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya. Pada kolom Result, terdapat Error Code: 451 Internal resource temporarily unavailable.
Setelah dicek pada tautan yang dicantumkan kolom Result, yang artinya seperti ini:
Code | Reason Given to Sending MTA | Description | Recommended Resolution |
---|---|---|---|
451 | Internal resource temporarily unavailable | The sending mail server is subjected to Greylisting. This requires the server retries the connection, between one minute and 12 hours. Alternatively the sender’s IP address has a poor reputation. | These reputation checks can be bypassed with an Auto Allow or Permitted Senders policy. If it’s legitimate traffic, amend your Greylisting policy. |
Untuk terjemahan Bahasa Indonesia:
Kode | Alasan | Deskripsi | Resolusi yang Direkomendasikan |
---|---|---|---|
451 | Sumber daya internal sementara tidak tersedia | Server email pengirim dikenai Greylisting. Ini mengharuskan server mencoba kembali koneksi, antara satu menit hingga 12 jam. Atau, alamat IP pengirim memiliki reputasi yang buruk. | Pemeriksaan reputasi ini dapat dilewati dengan kebijakan Izinkan Otomatis atau Pengirim yang Diizinkan. Jika itu lalu lintas yang sah, ubah kebijakan daftar abu-abu Anda. |
Status Pengiriman Pesan pada Track Delivery
Berikut ikon yang menunjukkan status pengiriman pesan email Anda:
Ikon | Arti |
---|---|
Sistem telah menyampaikan pesan tersebut. | |
Status pesan tidak diketahui, atau pengiriman sedang berlangsung. | |
Sistem menunda pesan tersebut. | |
Pesan mengalami kesalahan pengiriman. | |
Sistem mengarsipkan pesan tersebut. | |
Sistem menolak dan menghapus pesan pada Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Ini dapat terjadi jika server pengirim tidak menggunakan konfigurasi yang aman atau server berada pada Real-time Blackhole List (RBL). | |
Server email menerima pesan tetapi tidak mengirimkan pesan ke kotak masuk penerima. Ini dapat terjadi ketika perangkat lunak spam memfilter pesan atau penerima memiliki filter email khusus. |
Kini Anda telah mengetahui penyebab dari pesan eror yang tampil pada saat melakukan pengiriman email di mail hosting. Anda bisa mengecek aktivitas tersebut melalui tools Track Delivery pada cPanel, kemudian mencari tahu apa solusi yang bisa dilakukan.