Spoofing email mengacu pada email yang tampaknya berasal dari satu sumber ketika sebenarnya dikirim dari sumber lain. Individu, yang mengirim email "sampah" atau "SPAM", biasanya ingin email tersebut muncul dari alamat email yang mungkin tidak ada. Dengan cara ini, email tidak dapat dilacak kembali ke originator.


Spoofing  sangat berbahaya

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa orang mengirim email yang memalsukan alamat pengirim: kadang-kadang hanya untuk menimbulkan kebingungan, tetapi lebih sering untuk mendiskreditkan orang yang alamat emailnya dipalsukan: menggunakan nama mereka untuk mengirim pesan yang keji atau menghina.


Kadang-kadang spoofing email digunakan untuk apa yang dikenal sebagai "rekayasa sosial", yang bertujuan menipu penerima untuk mengungkapkan kata sandi atau informasi lainnya. Misalnya, Anda mendapatkan email dari apa yang tampak sebagai administrator email LSE, atau dari ISP Anda, meminta Anda untuk pergi ke halaman Web dan memasukkan kata sandi Anda, atau mengubahnya ke salah satu yang mereka pilih. Atau, Anda mungkin menerima email yang menanyakan informasi terperinci tentang suatu proyek. Bidang Dari menunjukkan bahwa pesan tersebut berasal dari LSE, tetapi pesan itu berasal dari pesaing.


Berurusan dengan Email Palsu

Sebenarnya tidak ada cara untuk mencegah menerima email palsu. Jika Anda mendapatkan pesan yang sangat menghina, meminta sesuatu yang sangat rahasia, atau sekadar tidak masuk akal, maka Anda mungkin ingin mencari tahu apakah itu benar-benar dari orang yang katanya berasal. Anda dapat melihat informasi Header Internet untuk melihat dari mana sebenarnya email itu berasal.


Ingat bahwa meskipun alamat email Anda mungkin palsu, ini tidak berarti bahwa spoofer telah mendapatkan akses ke kotak surat Anda.


Menampilkan Informasi Tajuk Internet

Email mengumpulkan informasi dari masing-masing komputer yang dilaluinya dalam perjalanan ke penerima, dan ini disimpan di Internet Header email.


1. Dengan Kotak Masuk Outlook ditampilkan, klik kanan pada pesan dan klik pada perintah Opsi untuk menampilkan kotak dialog Opsi Pesan :



Header Internet sebaiknya dibaca dari bawah ke atas, karena ditambahkan ke email saat melewati sistem.


2. Gulir ke bagian bawah informasi dalam kotak Header Internet, lalu gulir perlahan ke atas untuk membaca informasi tentang asal email. Informasi yang paling penting mengikuti di bagian "Return-path::" dan "Reply-to". Jika ini berbeda, email itu bukan dari pengirim email sesungguhnya.