Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Install SSL di Server IIS

IIS adalah salah satu web server yang digunakan pada server dengan OS Windows. Pada artikel kali ini, kami akan menginformasikan langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi dan installasi SSL pada web server IIS.

Namun sebelum melakukan instalasi, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan yaitu generate CSR, Konfigurasi SSL hingga Install. Berikut langkah-langkahnya.

1. Generate CSR

1. Untuk melakukan generate CSR silahkan akses dahulu aplikasi IIS yang digunakan kemudian klik pada menu server certificate

2. Kemudian klik link create certificate request pada sidebar sebelah kanan.

3. Kemudian akan muncul fiel seperti gambar berikut

4. Silahkan isikan filed tersebut untuk dapat melakukan generate CSR

  • Common name : Isikan dengan nama domain yang akan menggunakan SSL, apabila menggunakan wildcard tambahkan tanda *. di depan nama domain.
  • Organization : isikan dengan nama perusahaan atau organisasi anda.
  • Organizational Unit : isikan dengan unit organisasi atau perusahaan anda.
  • City/locality : isikan nama kota lokasi organisasi atau perusahaan anda.
  • State/Province : isikan nama provinsi lokasi organisasi atau perusahaan anda.
  • Country/region : isikan nama negara lokasi organisasi atau perusahaan anda.

5. Jika sudah mengisikan silahkan klik next. Kemudian selanjutnya akan muncul metode enkripsi yang akan digunakan pada CSR yang akan digenerate.

6. Pada cryptographic service provider silahkan pilih dengan microsoft rsa schannel cryptographic provider, kemdudian pada Bit length silahkan pilih 2048. Kemdudian klik next.

7. Selanjutya akan muncul tampilan untuk menyimpan file CSR, silahkan klik kotak browse kemudian pilih folder dan nama file CSR yang akan disimpan. setelah itu klik finish.

2. Install SSL IIS

1. Setelah SSL terbit, Anda perlu melakukan convert terlebih dahulu file SSL-nya, karena SSL yang terbit menggunakan format .crt, sedangkan untuk IIS memerlukan SSL dengan format PFX. 


2. Setelah mendapatkan file certificate SSL berupa PFX, silahkan mendownload atau mengupload file tersebut ke server yang anda gunakan. Kemudian pada server IIS silahkan akses kembali ke menu Server certificates, kemudian akses menu complete certificate request.

3. Kemudian akan muncul field sebagai berikut:

4. Pada field “file name containing the certificate authority’s response” silahkan klik browse dan pilih file PFX certificate yang sudah didapatkan sebelumnya. Kemudian pada Friendly name bisa diisikan dengan nama domain Anda. Pada field select a certificate store for new certificate silahkan pilih personal. Kemudian klik ok. Apabila berhasil, maka nama domain Anda akan muncul di list menu server certificate.

5. Sampai tahap ini SSL sudah berhasil di install, dan domain anda sudah dapat diakses dengan https:// sesuai tampilan berikut.

Demikian panduan cara install SSL pada server yang menggunakan sistem operasi windows dan IIS web server.

 Selamat mencoba dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.