Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Mengupload File Framework Laravel di Plesk

Framework Laravel adalah sebuah Framework PHP yang digunakan untuk pengembangan sebuah sistem website. Laravel juga mempermudah proses pengembangan website dengan bantuan beberapa fitur unggulan, seperti Template EngineRouting, dan Modularity. 

Sebelum melakukan upload file Laravel ke hosting dengan menggunakan control panel Plesk, pastikan file website Anda sudah selesai dibuat atau website sudah jadi. Berikut langkah-langkah untuk melakukan upload laravel ke control panel Plesk :

1. Struktur directory Frameword Laravel

Pertama silahkan Anda menyesuaikan struktur directory file pada Framework Laravel yang Anda ingin upload :

2. Membuat folder Laravel

Selanjutnya silahkan Anda membuat folder dengan nama laravel, lalu pindahkan file dan folder selain folder public ke folder Laravel, sehingga struktur foldernya menjadi seperti gambar berikut :

3. Edit file index.php

Silahkan Anda mengedit file index.php yang berada di dalam folder public. Kemudian Anda ubah pada bagian script seperti berikut :

require __DIR__.'/../vendor/autoload.php'; $app = require_once __DIR__.'/../bootstrap/app.php';

Lalu ubah menjadi seperti berikut :

require __DIR__.'/../laravel/vendor/autoload.php'; $app = require_once __DIR__.'/../laravel/bootstrap/app.php';

Kemudian silahkan Anda tambahkan juga script berikut di file index.php

$app->bind('path.public', function() { return __DIR__; });

4. Mengupload file ke Plesk

Selanjutnya silahkan Anda mengupload file ke control panel Plesk. Sebelum mengupload silahkan melakukan compress menjadi file zip untuk folder Laravel dan isi file di folder public terlebih dahulu. Kemudian silahkan mengupload file zip yang telah dibuat ke control panekl Plesk Anda.

Untuk file zip laravel silahkan diupload ke home directory control panel Plesk, sesuai gambar berikut dan tunggu sampai proses upload hingga selesai.

5. Lalu extracfile zip laravel  

6. Akses ke folder httpdocs

Setelah itu silahkan Anda akses ke folder httpdocs, dan lalu upload file zip dari file di dalam folder public ke folder httpdocs.

Lalu silahkan Anda lakukan extract file tersebut : 

Setelah sampai tahap ini, Anda bisa mencoba mengakses websitenya. Jika website tampil dengan baik, maka upload Laravel ke hosting sudah selesai. Namun jika Anda temui error, silahkan Anda bisa lakukan pengecekan kembali di menu Log Hostingnya.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.