Grow Your Business Online.
Submit a ticket My Tickets
Welcome
Login  Sign up

Langkah Awal untuk menggunakan SendGrid di Exabytes

Untuk menggunakan domain anda memakai layanan Sendgrid. Anda harus mengubah beberapa DNS record yang di mana Sendgrid membutuhkannya untuk "Domain Authentication"


Apa itu Domain Authentication?


Domain Authentication, sebelumnya dikenal sebagai whitelabel domain, menunjukkan kepada penyedia email bahwa SendGrid memiliki izin Anda untuk mengirim email atas nama Anda. Untuk memberikan izin SendGrid, Anda harus  mengarahkan DNS record dari penyedia DNS Anda ke SendGrid. 

Penerima Anda tidak akan lagi melihat pesan "melalui sendgrid.net" di email Anda. 


Meskipun ini adalah perubahan kecil dari sudut pandang penerima Anda, perubahan ini memiliki dampak positif yang sangat besar pada reputasi Anda sebagai pengirim dan pengiriman email Anda. Penyedia layanan email tidak mempercayai pesan yang tidak memiliki pengaturan otentikasi domain karena mereka tidak dapat memastikan bahwa pesan tersebut berasal dari Anda. Menyatakan secara eksplisit bahwa itu berasal dari Anda meningkatkan reputasi Anda dengan penyedia layanan email yang membuatnya jauh lebih kecil kemungkinannya bahwa mereka akan memfilter email Anda dan tidak mengizinkannya masuk ke kotak masuk penerima Anda, yang meningkatkan pengiriman Anda. Anda juga secara eksplisit menunjukkan kepada penerima bahwa email ini berasal dari Anda, jadi mereka cenderung tidak menandai email Anda sebagai spam.


Jadi ada beberapa DNS record yang harus di buat seperti :


- DKIM

- SPF

- CNAME


Berikut adalah langkah-langkah untuk setup Domain Authentication


  • Login ke Sendgrid UI ( Untuk login informasinya kami sudah mengirim melalui Email - Welcome Email , apabila anda tidak terima, mohon untuk di check di bagian Junk dan apabila tidak terima, mohon kontak support kami ( support@exabytes.co.id )
  • Di bagian kanan -->  Setting -- > Sender Authentication 



  • Setelah klik "Authenticate Your Domain", apabila domain anda berada pada NameServers selain yang ada di list, mohon untuk pilih DNS, i'm not sure 



  • Masukkan nama domain anda



  • Klik Next
  • Lalu Add DNS record seperti yang sudah di berikan oleh Sendgrid agar Domain Authenticationnya berjalan dengan baik :



  • Setelah anda menambahkan DNS record seperti di atas, mohon untuk klik "Verify", sebelumnya anda bisa check apakah DNS propagasi nya sudah selesai atau belum, anda bisa check melalui link ini ( tunggu beberapa saat setelah DNS propagasi selesai )


Did you find it helpful? Yes No

Send feedback
Sorry we couldn't be helpful. Help us improve this article with your feedback.