Grow Your Business Online.
Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Joomla vs WordPress Mana CMS Yang Terbaik Untuk Blog

Joomla vs WordPress


Sebelum kita mulai, perlu Anda perhatikan bahwa setiap CMS tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun disini kita akan fokus CMS mana yang lebih bagus untuk membuat sebuah blog, berikut perbandingannya.

Setup dan Memulai

WordPress jauh lebih mudah digunakan daripada Joomla dalam proses setup. Situs WordPress Anda dapat berjalan dalam beberapa jam, terutama jika itu adalah blog sederhana atau website bisnis dengan beberapa halaman saja. 

Antarmuka dari WordPress lebih intuitif dan mudah dipelajari, bahkan bagi pengguna biasa dan non-developer. Jadi bagi Anda yang baru belajar tidak akan kesulitan ketika pertama kali memakai WordPress.

Di sisi lain, Joomla lebih rumit ketika pertama kali digunakan. Hal Ini sebagian dikarenakanan pada Joomla Anda harus mencari hosting sendiri, disini Anda juga harus mencari penyedia hosting yang terpercaya. 

Setelah itu, Anda harus mengatur artikel dan kategori sehingga Anda dapat membuat berbagai jenis konten. Pengaturan artikel dan kategori yang spesifik ini membuat Joomla cukup sulit untuk dipahami para pemula.

Kemudahan Penggunaan

Di WordPress Anda bisa drag and drop saat membuat halaman, selain itu ada fitur untuk membuat berbagai postingan dan halaman dengan cepat. Karena fitur inilah yang membuat WordPress banyak digunakan, baik itu oleh pemula maupun profesional.

WordPress sangat mudah digunakan, bahkan jika Anda tidak memiliki pengetahuan programming sekalipun. Meskipun Anda harus belajar terlebih dahulu dalam menyesuaikan halaman, tetapi setelah terbiasa, pembuatan halaman akan menjadi lebih mudah.

Sedangkan untuk Joomla, Anda memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang desain web dan pemrograman untuk menggunakannya secara optimal. Jadi bagi yang masih pemula dan tidak paham pemrograman, akan sulit beradaptasi dengan Joomla.

WordPress tidak membutuhkan hal tersebut, namun jika Anda memiliki kemampuan programming, Anda dapat WordPress.org, yang mana memiliki lebih banyak opsi kustomisasi untuk pengguna yang lebih profesional.

Kustomisasi

WordPress memiliki lebih banyak opsi kostumisasi daripada Joomla, terutama karena ada banyaknya plugin berbayar dan gratis yang tersedia. Plugin merupakan tambahan yang dapat Anda download untuk mengubah fungsionalitas situs sesuai keinginan Anda. 

Dengan plugin ini Anda bisa menambahkan forum, menyematkan video, formulir, dan lain-lain. Ada puluhan ribu plugin yang dapat Anda gunakan untuk mengubah cara situs WordPress Anda berfungsi. 

Selain itu, ada berbagai tema gratis dan premium yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan website Anda. Semua konten Anda tetap ada meskipun mengubah tema, jadi Anda tidak perlu khawatir membangun kembali halaman dari awal. 

Sedangkan untuk Joomla, tersedia sekitar 8.000 ekstensi (mirip dengan “plugin” di WordPress) yang terdaftar di perpustakaan resmi mereka. Tidak sebanyak WordPress, namun memiliki fungsi yang hampir sama.

Meskipun tidak ada perpustakaan template resmi (di WordPress bernama “tema”), di Joomla memungkinkan Anda menggunakan lebih dari satu template halaman per website. Jadi di Joomla Anda bisa menggunakan lebih dari satu template. 

Di WordPress, Anda akan dibatasi untuk memilih hanya satu tema per website, tetapi ada berbagai template halaman dan pola blok yang dapat Anda gunakan pada setiap halaman. Jadi Anda masih bisa mengubah tampilan tiap halaman dengan template halaman.

Jenis Konten

WordPress lebih cocok untuk blogging dibandingkan untuk membuat website yang lain. Namun, ini tidak berarti Anda hanya bisa membangun blog dengan WordPress. 

Lewat CMS ini Anda juga bisa menambahkan baik halaman maupun postingan, sehingga Anda bisa memiliki blog di antara halaman website lainnya, seperti halaman beranda, halaman kontak, bagian FAQ, toko, dll. 

Meskipun platform ini cenderung lebih fokus pada blogging, Anda masih bisa memilih jenis website apa yang ingin dibangun menggunakan WordPress.

Disisi lain untuk Joomla, ada Artikel yang kemudian dapat Anda sesuaikan dengan Kategori, dan ada banyak Kategori untuk dipilih, yang berarti beberapa jenis konten yang berbeda harus dipertimbangkan. 

Namun, meskipun ada banyak fleksibilitas dengan jenis konten yang tersedia, Joomla tidak sebaik WordPress untuk blogging. Jadi jika Anda ingin membuat website untuk blog, lebih baik menggunakan WordPress karena lebih mudah dalam pengelolaan kontennya.

Keamanan

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com. Seperti Joomla, WordPress.org adalah platform yang di-host sendiri, yang berarti Anda harus mencari perusahaan hosting. 

Jika Anda membandingkan WordPress.org dengan Joomla, maka WordPress.org mungkin bukan pilihan yang lebih aman. Alasannya adalah pengguna WordPress.org memiliki akses ke setiap plugin di perpustakaan. 

Semakin banyak plugin yang diinstal, semakin rentan website Anda terhadap serangan. Karena WordPress juga merupakan CMS yang paling banyak digunakan di dunia, hal ini membuat WordPress menjadi target yang sangat besar.

Namun jika kita membandingkan WordPress.com, yang memiliki hosting langsung, dengan Joomla, WordPress.com lebih aman. WordPress.com dilengkapi dengan plugin WordPress yang di cek langsung oleh tim keamanan WordPress.com.

Untuk mendapatkan tingkat keamanan yang sama dengan Joomla, Anda harus mencari penyedia hosting yang bisa menangani semuanya kebutuhan, Anda juga harus mencari, menambahkan, dan mengelola ekstensi yang sudah terbukti aman.

Dukungan

Sangat mudah untuk menemukan support atau dukungan WordPress.com, terutama karena ada komunitas pengguna yang sangat besar. Ada banyak tutorial di google yang membahas berbagai permasalahn yang mungkin terjadi di WordPress.

Bukan cuma di google saja, Anda juga bisa menemukan beberapa grup Facebook yang membahas seput. Selain itu, WordPress.com dilengkapi chat langsung ke CS mereka untuk membantu permasalahan Anda.

Untuk Joomla sendiri komunitasnya tidak sebesar WordPress. Selain itu, karena Joomla ini adalah platform yang di-host sendiri, dukungan yang sebenarnya harus Anda perhatikan adalah yang ditawarkan oleh penyedia hosting yang Anda gunakan.

Jadi, Joomla vs WordPress Manakah yang Lebih Baik?

Ketika berbicara tentang Joomla vs WordPress, sulit memberikan jawaban untuk pertanyaan “Manakah yang lebih baik?” Karena yang lebih baik tergantung pada website seperti apa yang Anda butuhkan.

Jika Anda menginginkan fleksibilitas yang besar, Anda perlu menggunakan WordPress (WordPress.org).  WordPress juga sangat cocok ketika Anda menginginkan website yang estetis, dioptimalkan untuk SEO, aman, tidak perlu kemampuan programming dan lebih mudah penggunaannya. Terlebih lagi selain menggunakan CMS WordPress, website Anda akan lebih powerful jika menggunakan layanan WordPress hosting dari Exabytes Indonesia.

Selamat mencoba!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.