[SELESAI] Pengumuman - Kendala Error "message has lines too long for transport"

Update : 16-4-2022 14:15

Pelanggan Yth,

Kami informasikan saat ini Untuk error pengiriman email tersebut telah berhasil kami perbaiki.
Dari sisi Anda tidak perlu melakukan apapun.

Jika anda membutuhkan bantuan atau klarifikasi lebih lanjut, silakan hubungi livechat kami di www.exabytes.co.id atau email langsung ke support@exabytes.co.id dengan mencantumkan nama domain anda.

Terima kasih.



Hormat kami,

Server Support Exabytes Indonesia


=====================================================================================


Dear Customer

Ketika melakukan pengiriman email di Outlook, terkadang kita mendapat  Bounce back seperti ini:

"message has lines too long for transport"


Dilansir dari halaman resmi cpanel (https://support.cpanel.net/hc/en-us/articles/4420121088919-Exim-4-95-message-has-lines-too-long-for-transport-Error), memang terdapat bug pada exim 4.95 yang merupakan bundling update dari cpanel versi 100.x.x. Sehingga jika vps/dedicated server anda mengalami auto update ke Cpanel versi 100 keatas, otomatis akan menemukan kendala tersebut. Pada website resminya, CPanel mengatakan bahwa issue sudah di fix di next update cpanel. Namun pada kenyataannya masih terdapat kendala yang sama meskipun sudah di update ke latest version.


Untuk saat ini workaround yang bisa dilakukan adalah dengan men-downgrade versi exim dari Exim 4.95 menjadi 4.94. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Login ke SSH server anda. Kemudian download exim versi 4.94

# wget http://httpupdate.cpanel.net/RPM/11.98/centos/7/x86_64/cpanel-exim-4.94.2-4.cp1198.x86_64.rpm

2. Kemudian lakukan downgrade exim nya

# yum downgrade cpanel-exim-4.94.2-4.cp1198.x86_64.rpm

# chown mailnull.mail /var/spool/exim/db/wait-remote_smtp

3. Buka file configuration utama dari exim

# nano /etc/exim.conf

4. Lalu cari command di bawah ini dan berikan tanda # sebagai komentar.

message_linelength_limit = 2048

menjadi

#message_linelength_limit = 2048

5. Restart Exim

# /scripts/buildeximconf

# service exim restart

Jika anda masih mengalami kendala setelah mengikuti langkah diatas, silahkan untuk menghubungi tim support kami di support@exabytes.co.id.