Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

3 Cara Instal Plugin WordPress Dengan Mudah

Berikut adalah cara instal plugin WordPress dengan menggunakan 3 cara yaitu menginstal plugin WordPress menggunakan metode pencarian, unggah plugin WordPress, dan instal plugin WordPress secara manual menggunakan Filezilla (FTP). 


1. Instal Plugin Menggunakan Metode Pencarian

Cara termudah untuk menginstal plugin WordPress adalah dengan menggunakan metode pencarian plugin. Satu-satunya kelemahan dari opsi ini adalah plugin yang kamu inginkan harus ada di direktori plugin WordPress yang ternyata hanya dibatasi untuk plugin yang gratis saja.

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah dengan mengunjungi halaman Plugin, kemudian pilih Tambah Baru di dalam dashboard admin WordPress kamu.




Kamu akan melihat layar seperti pada gambar di atas. Temukan plugin dengan mengetikkan nama plugin yang kamu cari atau yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu akan melihat banyak listing seperti contoh di bawah ini: 



Kamu dapat memilih plugin yang terbaik untuk kamu. Sebagai contoh, kami mencari plugin Rank Math yang merupakan plugin SEO WordPress terbaik, kemudian kamu tinggal mengklik tombol ‘Instal Sekarang‘ di sebelahnya.

WordPress sekarang akan mengunduh dan menginstal plugin untuk kamu. Setelah ini, kamu akan melihat tombol ‘Pasang Sekarang‘ akan berubah menjadi tombol ‘Aktifkan’.


Plugin WordPress dapat diinstal di situs kamu, tetapi tidak akan berfungsi kecuali kamu mengaktifkannya. Jadi lanjutkan dan klik tombol Activate untuk mulai menggunakan plugin itu di situs WordPress kamu.

Selamat, plugin Rank Math sudah berhasil kamu aktifkan!

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengaturan lebih lanjut di plugin Rank Math. Pengaturan ini tentunya akan berbeda untuk setiap plugin, oleh karena itu mimin tidak akan membahas lebih lanjut di dalam posting ini. Kamu bisa melihat pembahasan lebih lanjut mengenai cara instal plugin Rank Math di blogs MasterWeb selanjutnya ya.

2. Instal Plugin Dengan Unggah Plugin WordPress

Tahukah kamu? Kalau Plugin WordPress berbayar itu tidak terdaftar di direktori plugin WordPress. Plugin ini tidak dapat di instal menggunakan cara pertama. Sehingga WordPress menghadirkan metode unggah ini untuk kamu bisa instal plugin yang tidak ada di dalam dashboard WordPress. 

Disini mimin akan memperlihatkan kepada kamu bagaimana sih cara instal plugin di WordPress menggunakan pilihan unggah plugin.

Langkah Pertama, yang kamu perlukan adalah mengunduh plugin dari sumbernya (yang akan menjadi file zip). Selanjutnya, kamu harus pergi ke dashboard admin WordPress kamu dan kunjungi menu Plugins » kemudian Tambah Baru.

Setelah itu, klik tombol Unggah Plugin di bagian atas halaman.


Di sini kamu perlu mengklik tombol ‘Choose File‘ dan pilih file plugin yang kamu sudah unduh sebelumnya ke komputer kamu.



Setelah kamu sukses memilih file, kamu bisa langsung mengklik tombol ‘Instal Sekarang‘.

Setelah kamu mengklik instal sekarang, sistem di WordPress akan mulai mengupload file plugin dari komputer kamu dan mengunggahnya untuk kamu. Apabila file berhasil diunduh, maka kamu akan melihat pesan bahwa file plugin kamu berhasil di unduh.




3. Instal Plugin WordPress Secara Manual

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk instal plugin WordPress adalah menggunakan cara manual untuk instalnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Filezilla (FTP). 

Metode ini mungkin akan sedikit menyulitkan untuk para pemula, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini bukan?

Langkah Pertama yang bisa dilakukan adalah kamu harus mengunggah file yang sudah dikompres dalam bentuk .ZIP. Setelah itu kamu harus mengekstrak file zip tersebut di komputer kamu.

Dengan melakukan ekstrak file zip, file-file yang terdapat di dalam .zip tersebut akan langsung berubah menjadi folder baru dengan nama yang sama dengan nama file pluginnya. File yang terdapat di dalam folder inilah yang nantinya kamu unggah secara manual menggunakan FTP ke situs website kamu.

Untuk mengunggahnya, silahkan kamu akses aplikasi FTP kemudian masukkan username dan password FTPnya. Apabila kamu tidak mengetahui username dan password FTP, kamu bisa menghubungi pihak provider hosting WordPress, tempat dimana kamu membeli hostingnya.

Setelah login di akun FTP dan terhubung, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah silahkan cek di situs website kamu: folder/wp-content/plugins. 

Setelah itu, silahkan upload folder yang sudah kamu ekstrak dari file zip ke folder/wp-content/plugins yang berada di server hosting kamu.


Setelah sukses mengupload file, silahkan kamu kunjungi lagi dashboard  admin WordPress, kemudian klik menu Plugin -> Plugin Terpasang. Pada halaman tersebut, Kamu akan melihat plugin yang sudah berhasil terpasang di halaman plugin. 


Untuk mengaktifkannya, kamu bisa meng-klik button Aktifkan yang berada di bawah plugin untuk mulai mengoperasikannya. Setelah itu kamu bisa melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap plugin tersebut yang bisa kamu sesuaikan dengan isi dari situs website kamu. Selamat mencoba ya!

Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.