Products & Services Submit a ticket My Tickets
Selamat datang
Masuk  Mendaftar

Cara Membuat Slider di WordPress

Apa Manfaat Slider di Website?

Slider adalah salah satu fitur website yang sering digunakan oleh banyak website, biasanya untuk promosi, highlight, informasi atau hanya untuk mempercantik website. Di WordPress fitur slider ada otomatis jika tema yang dipilih sudah menyediakan fitur slider, namun Anda juga bisa install plugin yang tersedia di WordPress seperti Smart Slider yang mempunyai fitur lebih lengkap seperti transisi yang bermacam – macam. Slider bisa berisi gambar, artikel ataupun video yang bisa otomatis bergeser atau ketika di klik.

Agar konten yang dimasukkan di slider bisa menarik perhatian pengunjung website lebih besar, Anda dapat menambah beberapa efek atau modifikasi. Misalnya menambahkan efek transisi, memodifikasi teks atau membuat tombol yang unik di slider.

Dengan memanfaatkan fitur – fitur slider yang ada, Anda dapat membuat slider yang terlihat biasa saja atau membosankan menjadi lebih menarik dan tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengguna mengunjungi website Anda.


Cara Buat Slider di WordPress

Di WordPress banyak tema yang sudah menyediakan fitur slider didalamnya namun slider tersebut sangat terbatas untuk melakukan modifikasi. Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memasangnya sendiri dengan plugin slider di WordPress sehingga slider dapat tampil di website Anda dengan fitur lengkap.

Ada banyak plugin slider yang tersedia di WordPress, akan tetapi pada artikel ini kita akan menggunakan bantuan plugin Smart Slider untuk membuat slide di WordPress.

Smart Slider mempunyai banyak fitur di dalamnya dan cukup mudah untuk digunakan, bahkan untuk orang awam sekalipun.

Berikut ini tips membuat slider di WordPress menggunakan plugin Smart Slider :


Langkah 1 : Install Plugin dan Membuat Slider di WordPress 

Pertama Anda harus menginstall terlebih dahulu plugin Smart Slider melalui menu plugin yang ada di dashboard WordPress, pilih “Dashboard > Plugin > Add New” Anda cari plugin dengan nama Smart Slider dan install.


Setelah plugin smart slider terinstall dan diaktifkan, cari dan klik tab Smart Slider di dashboard maka akan muncul tampilan awal Smart Slider. Kalian bisa pilih New Slider untuk membuat slider dari awal atau memilih template library dengan berbagai pilihan untuk mempercepat Anda membuat slider. Disini Saya akan memilih New Slider. Anda klik new slider dan akan muncul tampilan seperti ini 



Kalian isi nama slidernya, pilih ukuran yang kalian inginkan atau biarkan saja. Pilih preset ingin seperti apa misal full width dan terakhir pilih contoh slider template yang ingin kalian gunakan. Disini saya pilih free layer slider.



Langkah 2 : Konfigurasi Slider

Setelah kalian pilih contoh slider nya, kalian klik edit 


Kalian bisa memlih gambar apa untuk backgroundnya, caranya klik background gambarnya lalu pilih icon tanda merah dibawah ini. Ganti dengan gambar yang kalian sudah sediakan atau kalian inginkan. 


Untuk mengganti tulisan caranya sama seperti mengganti gambar. Kalian klik tulisan yang ingin kalian rubah dan tulis disebelah kiri kata – katanya. 


Selanjutnya kalian bisa explore sendiri seperti ubah warna button, tambahkan tulisan lain, tambahkan gambar, tambahkan link di button, atau ganti background animations seperti dibawah ini. Setelah selesai jangan lupa klik tombol save di sebelah kanan atas




Langkah 3 : Menampilkan Slider

Setelah kalian sudah membuat slider, menambahkan gambar, tulisan dan lain – lain, kini saatnya kalian tampilkan di halaman yang kalian inginkan. Anda tinggal menyalin shortcode yang tersedia kemudian menambahkannya ke dalam halaman atau postingan. Untuk mendapatkan shortcode, buka Tab Smart Slider dan pilih slider yang kalian buat tadi, lalu akan muncul seperti ini. 


Salin shortcode slider yang ingin ditambahkan, kemudian buka editor halaman atau postingan, dan tempelkan shortcode di mana saja untuk memunculkan slider di WordPress. Nantinya slider yang kalian buat akan muncul. 



Apakah jawaban ini bermanfaat? Ya Tidak

Send feedback
Maaf kami tidak bisa membantu. Bantu kami mengembangkan artikel ini dengan umpan balik Anda.