Grow Your Business Online.
Submit a ticket My Tickets
Welcome
Login  Sign up

3 Penyebab Connection Timed Out pada Website

Pada umumnya, ada beberapa penyebab connection timed out tersebut bisa terjadi. Akan tetapi, secara garis besar connection timed out disebabkan oleh jaringan atau koneksi atau website yang hendak kita kunjungi. Berikut adalah beberapa penyebabnya: 


Gangguan Operator

Saat hendak mengakses sebuah atau beberapa website sekaligus, mungkin saja terjadi error pada jaringan. Alhasil, tidak ada satu website pun yang terbuka, padahal Anda ingin menghemat waktu dengan membuka semuanya secara bersamaan. Salah satu penyebab error pada jaringan adalah kemungkinan traffic internet yang sedang tinggi.


Server Website Sedang Down

Data dari website disimpan di sebuah tempat yang biasa dikenal sebagai server. Gangguan pada server itu sendiri bisa menyebabkan website tidak bisa diakses. Jika server down, hal tersebut bisa dikarenakan beberapa hal, misalnya meningkatnya traffic, kualitas hosting yang kurang bagus, DNS yang bermasalah, dan lain sebagainya.


Apabila website Anda sering mengalami hal tersebut, jangan dibiarkan begitu saja! Segera pindahkan website Anda ke tempat yang lebih tepat, kami merekomendasikan VPS Linux murah dari Masterweb. Dimana VPS Linux terbaik dari Masterweb ini memiliki performa server yang lebih stabil, minim sekali downtime, bebas memilih control panel dan Operating System. Sangat cocok sekali bagi situs web yang memiliki traffic tinggi.


Kesalahan Pada Pengaturan Jaringan

Tahukan Anda salah satu penyebab dari connection time out adalah ketika Anda salah saat mengatur jaringan? Ya, salah mengatur IP atau pengaturan browser bisa saja membuat jaringan menjadi sulit terhubung ke server. Inilah mengapa pesan “timed out” kemudian muncul. 


Jadi, kira-kira penyebab yang mana saja yang mungkin terjadi dari pengalaman Anda dalam menggunakan internet? 


Tips Memperbaiki Connection Timed Out

Terkadang, mendapati kenyataan bahwa kita tidak bisa mengakses sebuah website itu sangat menjengkelkan. Jika tidak memungkinkan untuk mencari tahu penyebabnya satu persatu secara mendetail, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kapanpun dan dimanapun, silahkan coba beberapa tips berikut ini.


Tunggu Beberapa Waktu

Panik? Bisa jadi! Tapi jangan tergesa-gesa untuk segera mematikan device atau langsung menelpon ahli atau seseorang yang bisa membantu mengatasi masalah seperti connection timed out. Percayalah bahwa setiap gangguan baik pada server maupun provider internet itu hanya sementara. 


Meskipun mungkin kadang waktunya tidak bisa ditentukan. Tapi sabar dulu tunggu beberapa saat! Jika dirasa menunggu server atau provider kembali normal dirasa terlalu lama, lalu harus bagaimana? Mungkin saja memang Anda diminta untuk sejenak beristirahat agar mata juga tidak lelah, terlebih setelah seharian di depan layar komputer.


Periksa Pengaturan Jaringan

Yakin pengaturan jaringan Anda sudah benar? Coba cek lagi deh! Sebenarnya, ketika Anda terhubung ke internet, pengaturan jaringan diatur secara otomatis. 


Terkadang, bisa jadi jaringan tidak teratur dengan benar. Coba ingat kembali, apakah mungkin Anda baru saja menginstal pengaturan jaringan tertentu atau mengubahnya secara tidak sengaja. Jika semua konfigurasi sudah dicek namun masih tidak ada perubahan, mungkin tips selanjutnya bisa berguna.


Coba Provider Internet Lainnya

Yang harus kita ingat adalah mengakses jaringan dari setiap provider itu berbeda-beda. Tentunya, gangguannya pun pasti berbeda-beda pula. Seiring dengan sering munculnya pesan timed out, akan lebih baik untuk mencoba provider lain. Mungkin saja, jaringan akan menjadi lebih stabil.


Menghapus Cache Browser

Apapun browser yang Anda gunakan, apakah Google Chrome, Mozilla FireFox, Opera, Internet Explorer, atau yang lainnya, tidak ada salahnya mencoba membersihkan cache. Hal ini dirasa cukup efektif bagi sebagian orang. 


Konfigurasi dari website yang diakses disimpan dalam file cache. Bisa saja file cache tersebut ternyata menyimpan error website. Kemudian, website tersebut tidak bisa diakses seperti biasanya.


Jika cache browser sudah dibersihkan, namun masalah masih belum teratasi, mungkin ada baiknya untuk mencoba cara lainnya. Yang terpenting adalah sudah berusaha untuk mengatasi masalah agar koneksi berjalan lancar lagi seperti sebelumnya.


Website Sibuk atau Down

Bagaimana jika website yang dikunjungi ternyata sedang sibuk? Untuk masalah semacam ini, kita tidak bisa memperbaiki atau mencari solusinya sendiri. Mungkin saja pengelola website sudah mengetahui masalah yang ada. Dengan kata lain, mereka sedang berupaya mengembalikan website yang down agar normal kembali. 


Anda bisa tunggu beberapa saat sampai website bisa diakses kembali. Atau mungkin bisa mengunjungi website lain sebagai alternatif.


Flush IP

Tujuan dari flush IP ini adalah untuk menyegarkan atau merefresh jaringan IP. Cara mudahnya adalah dengan mengetik baris perintah di CMD. Pastikan internet yang sedang Anda gunakan sudah disconnected atau tidak terhubung.


Pertama, buka Command Prompt di Windows. Lalu, ketikkan perintah-perintah untuk mengatur IP sambil menekan tombol Enter satu per satu. Jika sudah, Anda bisa kembali mengecek Internet yang digunakan.


Jika semua cara sudah Anda coba bahkan cara yang mungkin tidak ada di daftar tips yang kami berikan, tidak ada pilihan lain selain melibatkan sang ahli. Jika ditangani oleh orang yang memang ahli dan berpengalaman di bidangnya, error bisa diperbaiki bahkan hanya dalam hitungan menit saja.


Atau jika masih penasaran, Anda bisa mencoba cara lain yang pernah dicoba sebelumnya atau yang pernah teman atau saudara beritahu. Namun, mungkin akan memakan lebih banyak waktu dibandingkan dengan menghubungi ahlinya.

Did you find it helpful? Yes No

Send feedback
Sorry we couldn't be helpful. Help us improve this article with your feedback.