Saat ini tentu semua orang ingin websitenya memiliki peringkat yang baik di mesin pencari Google. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan memiliki peringkat website yang baik apalagi untuk kata kunci yang jumlah trafik nya sangat tinggi, itu akan membuat brand Anda semakin dikenal, jumlah trafik meningkat dan bisa berujung pada peningkatan pendapatan.

Anda perlu melakukan optimasi untuk mendapatkan peringkat website yang baik. Tapi setelah melakukan optimasi, bagaimana caranya Anda mengetahui peringkat website nya?

Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya melihat peringkat halaman Anda di Google, tulisan ini sangat cocok untuk Anda dan Kami sarankan untuk dibaca sampai akhir. 

Pada kesempatan kali ini, Kami akan membahas tools apa saja yang bisa digunakan untuk melihat ranking website berikut panduannya cara mengetahui ranking artikel di Google. 

Kenapa Perlu Tahu Ranking Artikel di Google?

Peringkat pertama di mesin pencari Google bukanlah hal yang mudah didapat, apalagi kata kunci yang di target memiliki banyak pesaing. Cara agar Anda bisa mendapatkan peringkat pertama di Google yaitu dengan melakukan optimasi pada website seperti optimasi on page, membangun backlink dan lain-lain.

Nah tapi sebelum Anda melakukan optimasi pada website, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu peringkat halaman atau artikel yang ingin Anda optimasi. Tujuannya agar Anda bisa melihat apakah optimasi yang dilakukan memiliki dampak yang baik atau tidak.

Hal tersebut penting agar Anda bisa mengetahui strategi apa yang akan digunakan selanjutnya.

Umumnya banyak orang yang melakukan pengecekan secara manual peringkat website dengan cara menulis kata kunci di Google dan mencarinya.

Itu adalah cara yang kurang efektif, tidak akurat dan melelahkan karena perlu meluangkan cukup banyak waktu.

Oleh karena itu berikut ini beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan mengetahui peringkat website di Google.

Tools Cek Peringkat Website di Google

Berikut ini tersedia beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui peringkat website di Google mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

SERPRobot

SERPRobot adalah tools gratis berbasis website yang berfungsi untuk menganalisa SERP atau disebut hasil pencarian Google. Tools ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui peringkat halaman berdasarkan kata kunci yang Anda masukkan dengan hasil yang akurat.

Anda bisa menentukan lokasi secara spesifik untuk hasil pencarian tersebut. 

Berikut ini cara menggunakan SERPRobot:

  • Pertama masuk ke website SERPRobot
  • Lalu tentukan “Region” atau target audiens website Anda.
  • Setelah itu masukkan nama domain website Anda.
  • Masukkan kata kunci yang ingin di analisa (Maksimal 10 kata kunci)
  • Tekan tombol “Check SERP Now “ di paling bawahSetelah menekan tombol Check SERP Now, Anda akan melihat di bagian kanan halaman peringkat website Anda beserta 10 website teratas sesuai kata kunci yang dimasukkan. 

What’s My SERP

What’s My SERP ini tools gratis dan hampir sama seperti tools sebelumnya yang Kami bahas. Anda hanya perlu masukkan domain Anda, lalu masukkan kata kunci yang ingin Anda analisa hingga 10 selanjutnya tekan tombol Check All

Setelah itu akan tampil peringkat website Anda berdasarkan kata kunci yang dimasukkan 

SERPChecker

SERPChecker ini adalah tools untuk memantau hasil pencarian yang bisa dibilang cukup lengkap dibanding tools lain. Tools ini bisa Anda gunakan secara gratis namun dengan fitur yang terbatas. Anda hanya bisa melakukan analisa 5 kali per 1 hari.

Cara menggunakannya yaitu Anda daftar terlebih dahulu SERPCheceker.

Setelah itu verifikasi email dan akan masuk ke tampilan seperti dibawah ini.

Anda bisa pilih tools SERPChecker untuk menganalisa hasil pencarian kata kunci. Namun Anda juga bisa menggunakan SERPWatcher untuk mengetahui peringkat website. 

Pilihlah sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci beserta lokasi dan perangkatnya. Setelah itu tekan tombol Analyze SERP. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.

Anda juga bisa melakukan perbandingan dengan kompetitor dengan cara memasukkan nama website pesaing dibagian bawah dan klik Compare.

Google Search Console

Google Search Console adalah tools gratis yang disediakan oleh google untuk membantu pemilik website mengetahui performa, kinerja website pada hasil pencarian. Selain itu tools ini juga bisa membantu Anda mengetahui adanya error di dalam website dan melakukan optimasi berdasarkan datanya. 

Walaupun sudah banyak yang memasang tools ini, ternyata masih banyak yang belum bisa memaksimalkan tools ini. Perlu Anda tahu juga bahwa dengan Google Search Console Anda bisa melihat posisi website atau halaman Anda di Google loh atau Anda juga bisa mengetahui halaman mana yang masuk pada kata kunci tertentu.

Ahrefs

Ahrefs adalah tools SEO berbayar yang cukup banyak digunakan oleh perusahaan dan orang yang berada di dunia marketing. Tools ini mempunyai tampilan yang user friendly atau mudah dimengerti walaupun oleh pengguna baru.

Anda bisa menggunakan tools ini untuk mendapatkan semua data yang Anda inginkan terkait SEO, SEM, sosial media dan lain-lain seputar marketing. Anda bisa mengetahui peringkat halaman untuk kata kunci tertentu, Anda bisa melihat jumlah pencarian, keyword density, dan masih banyak lagi.

SEMRush

SEMRush merupakan tools berbayar yang mirip seperti Ahrefs dengan fungsinya yaitu melihat data akurat seputar SEO, SEM, Sosial media, brand monitoring, konten apa yang direkomendasikan untuk ditulis, peringkat website, analisa backlink dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan.  

Cara Mengetahui Ranking Artikel di Google Menggunakan GSC

Pertama Anda masuk ke website Google Search Console.

Pilih tab Performance, lalu pilih New-Page. Masukkan URL artikel atau halaman yang ingin di analisa.

Setelah itu akan muncul rata-rata posisi artikel tersebut di Google untuk semua kata kunci yang muncul. 

Namun jika Anda ingin melihat peringkat halaman website untuk 1 kata kunci, Anda bisa tambahkan query yaitu dengan klik New-Query. Masukkan kata kunci yang ingin dianalisa. Lalu akan muncul peringkat halaman tersebut untuk kata kunci yang dimasukkan. 

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan seputar tools untuk cek peringkat website dan bagaimana cara mengetahui ranking artikel di Google.

Selagi Anda menganalisa peringkat halaman website Anda di Google, ada baiknya Anda terus melakukan optimasi terhadap website. Faktor penting yang sering dilewatkan saat optimasi yaitu soal kecepatan website.