Hai Para Pengguna Exabytes,



Kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana caranya untuk pengguaan email domain anda pada Google mail atau Gmail. 


oke, kita berikan informasi sedikit mengenai apa itu Gmail ya? Gmail adalah salah satu penyedia layanan email yang kinerjanya cukup mumpuni. Anda dapat login menggunakan gmail walaupun bukan menggunakan akun gmail. Apabila memiliki alamat email domain, maka anda juga dapat mengintegrasikannya sehingga dapat login melalui gmail. Dengan begitu, anda dapat mengirim dan menerima email dengan mudah dengan email dari domain anda melalui gmail. Selain itu, anda dapat menghemat kapasitas dari hosting. Hal ini dikarenakan penggunaan akun gmail yang free sampai dengan 15 GB. Pada panduan ini akan dibahas cara menghubungkan email domain ke Gmail. Anda juga akan mengerti step by step cara sinkron webmail dengan Gmail. Penasaran? Yuk ikuti caranya.


cara yang pertama, adalah melalui konfigurasi melalui SMTP , adapun langkah- langkah pengaturan email domain pada gmail yaitu sebagai berikut :

  1. Silahkan Login Terlebih dahulu ke Akun GMailnya kalian ya.
  2. Jika sudah Login dan diarahkan ke GMailnya, Kita langsung Klik pada Menu Setting Pada Bagian GMail ya.
    *langkah pertama, diklik terlebih dahulu logo pengaturannya, dan setelah itu di klik semua setelan
  3. pada halaman dibawah ini, silahkan pilih menu akun dan import , setelah itu pada bagian periksa email dari akun lain, silahkan diklik tambahkan akun seperti gambar dibawah ya.
  4. nantinya akan muncul tab dengan form berwarna kuning seperti berikut, dan disini silahkan masukkan user email domain anda ya. dan nantinya di klik berikutnya ya jika sudah dimasukkan alamat user email domainnya.
     
  5. nantinya, jika sudah mengklik berikutnya seperti pada tahap sebelumnya, akan muncul seperti tampilan dibawah ini, dan silahkan pilih Gmailify tidak tersedia bagi penyedia ini. Impor email dari akun saya yang lain (POP3). setelah itu klik berikutnya.
  6. ketika muncul ketahap berikutnya, Untuk nama pengguna bisa di isikan dengan alamat email yang tertara diatas bagian Nama pengguna ya, Setelah itu silahkan isi password pada kolom sandi, dan untuk settingan Server POP bisa diisikan dengan "mail.namadomian" seperti contoh dibawah, dan untuk port yang digunakan adalah 110, untuk perihal yang dicentang, bisa di bagian 1 dan 3 saja ya.
  7. nantinya, jika tidak ada kendala dan sesuai memasukkan sandi beserta alamat emailnya, untuk settingan selanjutanya adalah menambahkan settingan untuk send mailnya. nantinya bisa pilih pilihan seperti gambar yang ada dibawah ini dan diklik berikutnya.
  8. disini, silahkan dimasukkan sesuai nama yang diinginkan ya, setelah itu diklik langkah berikutnya.
  9. untuk tahap disini, perihal Server SMTP nya bisa di isikan "mail.namadomain anda dan port yang dipilih 25"untuk nama penggunanya bisa diisikan juga dengan alamat user email anda ya, dan Tahap Terakhir silahkan pilih bagian Sambungan tidak aman. dan di klik Tambahkan Akun.
  10. nantinya akan muncul tampilan baru mengenai verifikasi domain emailnya ya, yang dimana dikirimkan ke email user domain anda, jika belum sempat melihatnya boleh dilakukan tutup jendala terlebih dahulu.
  11. jika sudah selesai, pada tampilan akun dan import akan muncul seperti pada bagian dibawah ini, yang dimana email user domain yang kita tambahkan tertara pada bagian kirim email dan periksa email dari akun. jika untuk melakukan verifikasi yang ada pada tahap nomer 10. bisa diklik pada bagian label user email domain anda ya.
  12. nantinya, akan ada pesan masuk mengenai konfirmasi verifikasi akses user email domain anda , untuk isi pesan emailnya akan seperti tampilan dibawah berikut, dan bisa diklik link yang sudah ditandai kotak hitam ya.
  13. setelah diklik, akan ada tombol verifikasi mengenai pengelolaan akun untuk user email domain kalian ya, dan silahkan diklik button konfirmasinya,
    taraaaaaaaaaaa, jika sudah selesai mengklik konfirmasinya, akan ada informasi konfirmasi berhasil dan untuk penggunaan email domain anda bisa dilakukan via gmail.

selamat mencoba.