Tutorial kali ini akan menjelaskan secara rinci dengan gambar, bagaimana cara mengisi DNS record yang ada di Exabytes Indonesia. Dalam kasus ini, anda sudah memiliki domain yang sudah terdaftar pada layanan Domain Exabytes Indonesia. Pertama, pastikan anda login ke area pelanggan kami terlebih dahulu menggunakan email akun yang sudah terdaftar.


Login ke Area Pelanggan


Gunakan email akun yang sudah terdaftar untuk login ke Area Pelanggan Exabytes Indonesia. Jika memang anda lupa password, gunakan fitur Lupa Password dan jawab dengan benar pertanyaan validasi yang ditujukan ketika anda pertama kali mendaftar. Anda bisa livechat ke Tim Support langsung dari website.


Akses Layanan Domain


Setelah login dengan sukses, anda bisa mengakses layanan domain anda sendiri langsung dari Dashboard Area Pelanggan. Akan ada 3 menu utama saat berada di Dashboard anda.



Kemudian pilih Domains > Manage DNSĀ yang berada di menu atas Dashboard anda.



Setelah itu akan terbuka daftar Domain anda yang bisa diubah menggunakan DNS manager kami. Jika ada domain yang belum terdaftar menggunakan DNS manager Area Pelanggan, silakan beritahu kami (Bisa lewat livechat tim support).



Modifikasi DNS


Sekarang kita akan melakukan modifikasi DNS pada domain yang bersangkutan. Sebelum melakukan modifikasi, pastikan Name Server (NS) sudah mengarah ke :


ns1.idcloudhosting.com
ns2.idcloudhosting.com


Setelah itu proses modifikasi DNS record bisa di lanjutkan dengan melakukan Edit seperti gambar di bawah.


Menambahkan DNS Record


Jika anda ingin menambahkan DNS record, silakan klik Add RecordĀ seperti di bawah ini.



Hingga langkah ini, anda memerlukan pengetahuan dasar dalam menambahkan DNS record. Ada beberapa tipe DNS record yang dapat digunakan pada umumnya.


  1. A record : Untuk menambahkan IP address (berupa angka).
  2. CNAME record : Untuk menambahkan alias hostname (berupa huruf).
  3. MX record : Untuk menambahkan alias hostname yang digunakan untuk Mail Exchange ditambah priority.
  4. TXT record : Digunakan untuk menambah SPF record, dan informasi lainnya.


Contoh Pengisian


Contoh, kita akan menambahkan domain kita domain.com ke IP 1.1.1.1. Dimana 1.1.1.1 adalah IP address dari hosting anda. Dengan begitu formatnya adalah :



Contoh kita akan membahkan CNAME www ke alias domain kita, formatnya :



Contoh akan menambahkan MX record ke domain :